Category Archives: Uncategorized

Heboh Susu Kental Manis, BPOM Usulkan ‘Traffic Light’ di Kemasan Pangan

Warna-warni pada tabel nutrisi memudahkan konsumen mengidentifikasi kandungan dalam suatu produk pangan (Foto: thinkstock)

Jakarta – Kehebohan susu kental manis (SKM) masih menjadi perbincangan netizen. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menegaskan bahwa SKM bukan produk berbahaya, hanya saja ada pelanggaran iklan yang menyebabkan salah persepsi pada masyarakat.

Karena hal ini, BPOM berencana membuat peraturan baru mengenai label informasi gizi. Akan ada tanda khusus yang menunjukkan tiga kandungan nutrisi yang dapat menyebabkan masalah jika terlalu banyak, yaitu gula, garam, dan lemak.

“Kita harus memberikan label yang user friendly. Dibuat lebih mudah lagi dibaca. Apa mungkin dengan warna seperti traffic light, apa merah kuning hijau, yang baik hijau,” ujar Kepala BPOM, Penny K Lukito saat ditemui di Gedung C BPOM, Percetakan Negara, Jakarta Pusat, Senin (9/7/2018).

Warna merah menandakan adanya kandungan gula, garam, atau lemak yang cukup tinggi sehingga menandakan produk pangan tersebut tidak boleh dikonsumsi berlebihan dan secara terus-menerus. Sedangkan warna kuning menandakan konsumen harus waspada terhadap ketiga kandungan itu. Sementara warna hijau menandakan produk pangan yang aman.

Selain itu, Penny menyarankan kepada seluruh masyarakat untuk lebih cerdas dalam memilih makanan dan minuman.

“Konsumenlah yang harus cerdas membaca label. Konsumen yang cerdas akan pandai memilih,” tandasnya.

Gagasan senada sempat disinggung Ketua Pelaksana Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi. Menurutnya, penanda dalam bentuk warna seperti traffic light tersebut harus mencerminkan peringatan bagi konsumen, khususnya yang sensitif terhadap kandungan tertentu.

“Informasinya harus lebih informatif, apalagi konsumen kita rada malas membaca label. Jadi harus dengan logo yang eye catching,” kata Tulus kepada detikHealth, dihubungi dalam kesempatan terpisah.

 

sumber : https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4106079/heboh-susu-kental-manis-bpom-usulkan-traffic-light-di-kemasan-pangan?_ga=2.209839638.2087394615.1531185421-136756854.1531185420

Catatan Najwa : “Pilihlah Aku Jadi Calegmu” Pemimpin, Politisi, Dan Kebijakan Student Loan Di Mata Menteri

S_7825115523205-300x225Semarang, Momentum- Narasi TV adalah salah satu channel start-up yang didirikan oleh Najwa Shihab. Pada kesempatan ini, Jumat (20/04/2018), Undip menjadi tempat Catatan Najwa, salah satu program Narasi TV yang sebelumnya telah bertandang ke daerah wilayah timur yaitu Ambon. “Pilihlah aku jadi Calegmu” menjadi tema bahasan selama Narasi Roadshow hari kedua ini dilaksanakan. Open gate dibuka sejak pukul 13.00 WIB dan acara dimulai pukul 14.00 WIB. Kedatangan Najwa Shihab ke Semarang khususnya Undip sebagai tuan rumah membuat ribuan peserta akhirnya berhasil memenuhi ruangan auditorium Prof. Soedarto Undip setelah sabar menunggu dalam antrian panjang. Continue reading Catatan Najwa : “Pilihlah Aku Jadi Calegmu” Pemimpin, Politisi, Dan Kebijakan Student Loan Di Mata Menteri

Yudha XLI Resimen Mahasiswa Mahadipa Satuan 901/PD Resmi Menjadi Resimen Indonesia

Kamis, 14 Februari 2018 Yudha XLI telah selesai melaksanakan Pendidikan Dasar di Rindam IV Diponegoro, Magelang. Sebelum memberangkatkan yudha XLI ke tempat pendidikan, mereka di karantina terlebih dahulu selama kurang lebih 2 hari dari tanggal 1 sampai 3 Februari 2018 bertempat di makosat Satuan 901/PD Universitas Diponegoro yaitu Jl. Imam Bardjo SH, No. 2, Pleburan, Semarang. Di sini mereka disiapkan mental dan fisik untuk persiapan Pendidikan di sana.

Sabtu, 3 Februari 2018 Yudha XLI pemberangkatan ke Rindam IV Diponegoro, Magelang. di sana mereka didik menngenai mental, fisik dan penngetahuan. Seperti; IMPK, KESLAP, bongkar pasang senjata, PBB, senam senjata dan lain sebagainya. selama kurang lebih 10 hari pendidikan, yudha XLI satuan 901/PD UNDIP  kembali Satuan untuk melakasanakan upacara penutupan pembaretan atau sekaligus peresmian Yudha XLI menjadi REsimen Mahasiswa Indonesia dari tradisi satuan 901/PD Universitas Diponegoro.

“Selamat kepada yudha XLI Satuan 901/PD Universitas Diponegoro  ini bukan sebuah akhir melainkan awal sebuah perjuangan, semangat semoga amanah dan tanggung jawab sampai akhir.”

MAWANTIK “Mahasiswa Pantau Jentik”

jumantik9

Unit-unit kegiatan mahasiswa universitas diponegoro berpartisipasi dalam kegiatan pengabdian masyarakat di kelurahan bulusan pada sabtu, 30 agustus 2017. Kegiatan ini gagasan dari unit kegiatan mahasiswa (UKM) Resimen Mahasiswa dalam rangka memperingati hari ulang tahunnya yang ke 53, kegiatan ini disebut MAWANTIK “Mahasiswa Pantau Jentik” yang memilki jargon cerdas pantau jentik. UKM yang berpartisipasi seperti Racana, KSR (Korps Suka Rela) dan Wapeala menunjukan respon positif dengan berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan dilapangan. Kegiatan ini sederhana namun berdampak posistif bagi lingkungan sekitar, respon dari pihak kelurahan Bulusan, kader-kader, pihak Puskesmas Rowosari dan Dinas Kesehatan Kota sangat mendukung agar kegiatan ini mendapat perhatian lebih dan dilakuakan secara berkesinambungan.

Sebelum turun ke lapangan mahasiswa dari masing-masing UKM ini diberi penyuluhan tentang pemberantasan sarang nyamuk yang disampaikan oleh perwakilan puskesmas rowosari pada tanggal rabu, 27 agustus 2017 di Pkm Joglo Pleburan. Tujuan pemberian materi ini sebagai bekal lapangan tentang bagaimana sikap dan tindakan yang harus dilakukan mahasiswa dalam pemantauan jentik dan penegtahuan akan jenis nyamuk serta data kesehatan kota semarang, yang mana di wilayah bulusan memiliki kasus DBD yang cukup tinggi.

Kegiatan pemantauan jentik ini dilakukan guna membantu menurunkan tingkat kejadian DBD dengan mencegah jentik sebelum menjadi nyamuk dewasa. Cuaca yang sering hujan seperti saat ini sangat mendukung nyamuk berkembang biak, perlunya kesadaran tiap individu dalam menjaga kebersihan sekitar tempat tinggal agar bebas nyamuk menjadi kunci penyebaran nyamuk penyebab DBD. Partisipasi mahasiswa dlam pencegahan DBD di wilayah bulusan sangat diperlukan mengingat mahasiswa kerap menjadi korban, pola hidup serta kurangnya kesadaran mahasiswa juga menyumbang angka kejadian DBD di kota semarang.

Hal kecil namun bermanfaat besar, menjaga kebersihan diri dan lingkungan selain akan berdampak baik pada diri kita juga akan berdampak baik di lingkungan dan bagi masyarakat sekitar kita. Oleh karena itu mari kita menjadi pribadi yang peduli dan cerdas, sekecil apapun tindakan kita berarti besar pada diri dan lingkungan kita.

 

Selamat Datang Mahasiswa Baru Universitas Diponegoro!

Senin, 08 Agustus 2016 telah dilaksanakan upacara Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Diponegoro tahun ajaran 2016. Selamat datang kami ucapkan kepada Mahasiswa Baru Undip. Dengan usaha kalian mampu memperoleh kesempatan untuk menuntut ilmu di Universitas Diponegoro ini, semoga kesempatan tersebut dapat kalian manfaatkan sebaik-baiknya dan keluar sebagai alumni yang membanggakan almamater, bangsa dan negara!

IMG_0173 IMG_0180 IMG_0183 IMG_0225 IMG_0226 IMG_0231

Menwa Undip turut berperan aktif dalam membantu kelancaran Upacara PMB kali ini. Peran Menwa selain sebagai anggota pengaman juga sebagai tim pelatih Delegasi Maba yang mewakili mahasiswa baru dalam pemasangan jas almamater, penerimaan KTM dan pembacaan sapta prasetya mahasiswa. Pelatihan Delegasi Maba itu sendiri sudah berlangsung sejak sebulan sebelum pelaksanaan upacara PMB tersebut. Serta pemilihan dilakukan dari masa mahasiswa baru melakukan kegiatan Lapor Diri yang berasal dari program Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri.IMG_0211 IMG_0245 IMG_0250 IMG_0260 IMG_0288