MAWANTIK “Mahasiswa Pantau Jentik”

jumantik9

Unit-unit kegiatan mahasiswa universitas diponegoro berpartisipasi dalam kegiatan pengabdian masyarakat di kelurahan bulusan pada sabtu, 30 agustus 2017. Kegiatan ini gagasan dari unit kegiatan mahasiswa (UKM) Resimen Mahasiswa dalam rangka memperingati hari ulang tahunnya yang ke 53, kegiatan ini disebut MAWANTIK “Mahasiswa Pantau Jentik” yang memilki jargon cerdas pantau jentik. UKM yang berpartisipasi seperti Racana, KSR (Korps Suka Rela) dan Wapeala menunjukan respon positif dengan berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan dilapangan. Kegiatan ini sederhana namun berdampak posistif bagi lingkungan sekitar, respon dari pihak kelurahan Bulusan, kader-kader, pihak Puskesmas Rowosari dan Dinas Kesehatan Kota sangat mendukung agar kegiatan ini mendapat perhatian lebih dan dilakuakan secara berkesinambungan.

Sebelum turun ke lapangan mahasiswa dari masing-masing UKM ini diberi penyuluhan tentang pemberantasan sarang nyamuk yang disampaikan oleh perwakilan puskesmas rowosari pada tanggal rabu, 27 agustus 2017 di Pkm Joglo Pleburan. Tujuan pemberian materi ini sebagai bekal lapangan tentang bagaimana sikap dan tindakan yang harus dilakukan mahasiswa dalam pemantauan jentik dan penegtahuan akan jenis nyamuk serta data kesehatan kota semarang, yang mana di wilayah bulusan memiliki kasus DBD yang cukup tinggi.

Kegiatan pemantauan jentik ini dilakukan guna membantu menurunkan tingkat kejadian DBD dengan mencegah jentik sebelum menjadi nyamuk dewasa. Cuaca yang sering hujan seperti saat ini sangat mendukung nyamuk berkembang biak, perlunya kesadaran tiap individu dalam menjaga kebersihan sekitar tempat tinggal agar bebas nyamuk menjadi kunci penyebaran nyamuk penyebab DBD. Partisipasi mahasiswa dlam pencegahan DBD di wilayah bulusan sangat diperlukan mengingat mahasiswa kerap menjadi korban, pola hidup serta kurangnya kesadaran mahasiswa juga menyumbang angka kejadian DBD di kota semarang.

Hal kecil namun bermanfaat besar, menjaga kebersihan diri dan lingkungan selain akan berdampak baik pada diri kita juga akan berdampak baik di lingkungan dan bagi masyarakat sekitar kita. Oleh karena itu mari kita menjadi pribadi yang peduli dan cerdas, sekecil apapun tindakan kita berarti besar pada diri dan lingkungan kita.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *