Heboh Susu Kental Manis, BPOM Usulkan ‘Traffic Light’ di Kemasan Pangan

Warna-warni pada tabel nutrisi memudahkan konsumen mengidentifikasi kandungan dalam suatu produk pangan (Foto: thinkstock)

Jakarta – Kehebohan susu kental manis (SKM) masih menjadi perbincangan netizen. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menegaskan bahwa SKM bukan produk berbahaya, hanya saja ada pelanggaran iklan yang menyebabkan salah persepsi pada masyarakat.

Karena hal ini, BPOM berencana membuat peraturan baru mengenai label informasi gizi. Akan ada tanda khusus yang menunjukkan tiga kandungan nutrisi yang dapat menyebabkan masalah jika terlalu banyak, yaitu gula, garam, dan lemak.

“Kita harus memberikan label yang user friendly. Dibuat lebih mudah lagi dibaca. Apa mungkin dengan warna seperti traffic light, apa merah kuning hijau, yang baik hijau,” ujar Kepala BPOM, Penny K Lukito saat ditemui di Gedung C BPOM, Percetakan Negara, Jakarta Pusat, Senin (9/7/2018).

Warna merah menandakan adanya kandungan gula, garam, atau lemak yang cukup tinggi sehingga menandakan produk pangan tersebut tidak boleh dikonsumsi berlebihan dan secara terus-menerus. Sedangkan warna kuning menandakan konsumen harus waspada terhadap ketiga kandungan itu. Sementara warna hijau menandakan produk pangan yang aman.

Selain itu, Penny menyarankan kepada seluruh masyarakat untuk lebih cerdas dalam memilih makanan dan minuman.

“Konsumenlah yang harus cerdas membaca label. Konsumen yang cerdas akan pandai memilih,” tandasnya.

Gagasan senada sempat disinggung Ketua Pelaksana Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi. Menurutnya, penanda dalam bentuk warna seperti traffic light tersebut harus mencerminkan peringatan bagi konsumen, khususnya yang sensitif terhadap kandungan tertentu.

“Informasinya harus lebih informatif, apalagi konsumen kita rada malas membaca label. Jadi harus dengan logo yang eye catching,” kata Tulus kepada detikHealth, dihubungi dalam kesempatan terpisah.

 

sumber : https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4106079/heboh-susu-kental-manis-bpom-usulkan-traffic-light-di-kemasan-pangan?_ga=2.209839638.2087394615.1531185421-136756854.1531185420

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *