Staff I Pengamanan

Widya Castrena Dharma Shidda! Menwa!
Menindaklanjuti kegiatan Gladi Posko yang telah dilaksanakan beberapa hari yang lalu, materi yang telah diperoleh akan kami share. Semoga bermanfaat!

Pada Struktur Organisasi Resimen Mahasiswa Satuan 901/PD Universitas Diponegoro Komandan dan Wadan dibantu dengan enam staff, empat jajaran serta anggota. Lantas apa beda Staff dan Jajaran? Keduanya memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk membantu komandan. Staff membantu dalam hal pelaksanaan, sedangkan jajaran dalam hal pelayanan. Pelayanan yang dimaksud yaitu turut membantu staf dalam konteks pelaksanaan kegiatan. Selain itu setiap staf memiliki tugas pokok dan fungsi yang berbeda. Disini akan dijabarkan dari tupoksi masing-masing staf tersebut.

STAFF I PENGAMANAN

Fungsi Umum dari Staff I Pengamanan yaitu :

  • Perkiraan terus menerus
  • Mengajukan saran kepada Komandan
  • Tempa keputusan jadi perintah
  • Sebarkan Perintah
  • Pengawasan

Fungsi Organik dari Staff I Pengamanan yaitu
Penyelidikan
Fungsi ini berkaitan erat dengan pengumpulan informasi yang bertujuan untuk memberikan saran kepada komandan mengenai tindakan yang sebaiknya dilakukan berkaitan dengan masalah tertentu.
Penyelidikan kedalam

  1. Melakukan kegiatan penyelidikan di dalam satuan untuk memperoleh bahan keterangan dan informasi tentang  adanya pelanggaran yang akan ditimbulkan anggota.
  2. Melakukan kegiatan penyelidikan bagi anggota yang melakukan pelanggaran dengan cara melakukan pengusutan guna memperoleh bahan keterangan dan informasi  untuk  penyelesaian selanjutnya sesuai dengan prosedur.
  3. Melakukan penyelidikan di dalam satuan guna cegah dini timbulnya kerugian personel dan materiil.

Penyelidikan keluar

  1. Melakukan penyelidikan di luar satuan guna memperoleh bahan keterangan dan informasi tentang adanya pelanggaran yang akan ditimbulkan oleh anggota satuan.
  2. Melakukan penyelidikan di luar satuan guna memperoleh bahan keterangan dan informasi untuk menyelesaikan pelanggaran yang dilakukan oleh anggota  yang dilakukan di luar satuan.
  3. Melaksanakan kegiatan penyelidikan di luar satuan guna memperoleh bahan keterangan dan informasi adanya kerawanan yang akan timbul diluar satuan yang mungkin dapat mengancam keamanan satuan.


Pengamanan
Fungsi ini dapat dikatakan untuk menjaga keamanan Satuan, baik dalam bentuk informasi, personil maupun materil.
Pengamanan personel

  1. Mencegah berkembangnya isu negatif disekitar satuan yang dapat merusak kesatuan dan persatuan dengan memberikan penerangan pasukan secara terus menerus kepada seluruh anggota dan keluarganya sesuai informasi yang benar.
  2. Melakukan pencatatan dan pengawasan terhadap para tamu yang masuk kesatriaan guna mencegah pengaruh negatif terhadap seluruh anggota dan keluarganya.
  3. Melaksanakan pemeriksaan dan pengecekan persyaratan administrasi terhadap para calon isteri anggota, dikoordinasikan dengan aparat yang terkait pada saat menyelesaikan administrasi persyaratan pernikahan.
  4. Unsur pimpinan melaksanakan pengawasan melekat terhadap satuan melalui pemeriksaan rutin maupun insidentil.
  5. Menindak tegas setiap pelanggaran yang dilakukan oleh anggota/personel
  6. Meningkatkan upaya pengamanan personel melalui tindakan:
  7. Meningkatkan fungsi dan peran Provost guna pengawasan terhadap anggota yang di dalam maupun yang di luar satuan.
  8. Memberikan penerangan tata cara berlalu lintas untuk memotivasi kesadaran anggota dan masyarakat dalam berlalu lintas.
  9. Menyelenggarakan penyuluhan terpadu bersama aparat yang terkait tentang Kamtibmas, Hukum dan Bela Negara kepada masyarakat.

Penggalangan
Fungsi ini berguna untuk melakukan pengumpulan sumber daya, baik personil, informasi maupun materil 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *